Obat batuk tradisional


Obat batuk tradisional dengan memanfaatkan bahan alami yang dijadikan sebagai obat batuk tradisional untuk mengobati batuk kering maupun batuk berdahak. Obat batuk tradisional dengan memanfaatkan bahan alami ini tentunya aman untuk dijadikan sebagai pengobatan alternatif karena tidak menimbulkan efek samping. Dengan tersedianya bahan alami yang begitu melimpah ruah tentunya tidak ada salahnya jika kita manfaatkan untuk mengobati batuk sebagai langkah awal menyembuhkan batuk yang mengganggu sekali.

Batuk bisa menjadi suatu hal yang amat menjengkelkan, dimana pada saat batuk membuat kita merasa tidak nyaman. Terlebih lagi pada malam hari, terkadang batuk yang kita derita menyebabkan susah tidur dimalam hari karena batuk yang tak kunjung reda. Untuk mengatasi batuk tanpa menggunakan obat-obatan anda dapat memanfaatkan beberapa bahan alami yang dijadikan sebagai pertolongan pertama dalam mengatasi batuk dengan obat batuk tradisional yang bisa anda buat sendiri.

Batuk dapat muncul karena beberapa hal, dimana debu, bakteri bahkan dahak ataupun lendir yang terdapat pada saluran pernapasan. Selain itu batuk juga biasanya muncul ketika kita sedang flu, dimana pada saat flu saluran pernafasan diselimuti oleh lendir yang dapat menyebabkan batuk berdahak.

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat batuk tradisional

Obat batuk tradisional untuk batuk berdahak

Jahe dan Kencur
Memanfaatkan jahe dan kencur sebagai obat batuk berdahak, rasa hangat yang dihasilkan oleh jahe dan kencur ini mampu meredakan batuk terutama pada jenis batuk berdahak dimana kandungan alami yang terdapat pada jahe dan kencur ini mampu mengencerkan dahak yang terdapat pada saluran pernapasan terutama pada bagian leher kita. Juga kandungan anti bakteri yang terdapat pada jahe dan kencur ini mampu menyingkirkan bakteri yang dapat menyebabkan batuk. Membuat obat batuk tradisional untuk jenis batuk berdahak caranya cukup mudah. Bersihkan jahe dan kencur dari kotoran hingga bersih benar, lalu iris tipis kedua bahan tersebut. Rebus irisan jahe dan kencur hingga mendidih lalu angkat untuk kemudian diamkan. Minum ketika air rebusan sudah dingin atau anda dapat meminumnya ketika masih hangat. Minum obat batuk tradisional untuk batuk berdahak ini sebanyak tiga kali dalam sehari atau ketika tenggorokan merasa gatal.

Jeruk nipis untuk batuk berdahak
Menggunakan jeruk nipis sebagai obat batuk tradisional tentunya telah dikenal sejak lama, cukup peras jeruk nipis lalu tambahkan kecap dan beri madu secukupnya. Khasiat dari jeruk nipis untuk batuk berdahak yaitu dapat mengencerkan dahak yang terdapat pada saluran pernapasan, sedangkan madu berfungsi sebagai anti bakteri yang dapat membunuh kuman penyebab batuk.

Daun sirih sebagai obat batuk tradisional untuk batuk berdahak
Daun sirih juga dapat dijadikan sebagai obat batuk tradisional untuk meredakan batuk berdahak, kandungan alami yang terdapat pada daun sirih dapat berfungsi sebagai anti bakteri yang dapat membunuh kuman penyebab batuk. Rebus beberapa lembar daun sirih kemudian campurkan jahe berukuran sedang yang dimemarkan. Minum air rebusan daun sirih dan jahe ini untuk menghangatkan tenggorokan anda dari serangan rasa gatal ketika batuk.

Obat batuk tradisional untuk batuk kering
Selain batuk berdahak yang mengganggu, jenis batuk kering juga amat sangat mengganggu kita. Kadang dengan kondisi batuk kering rasa batuk bagaikan sudah tak tertahankan lagi. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat anda jadikan sebagai obat batuk tradisional untuk mengobati batuk kering.

Kunyit dan madu
Selain dapat dijadikan sebagai obat batuk berdahak, kunyit ini dapat pula dijadikan sebagai obat batuk untuk jenis batuk kering. Dengan menambahkan sedikit madu yang berfungsi sebagai anti bakteri yang dapat membunuh kuman penyebab batuk, dapat pula ditambahkan susu. Campurkan kunyit yang telah dihaluskan kedalam segelas susu hangat, cukup gunakan setengah sendok teh kunyit yang telah dihaluskan tadi kemudian tambahkan madu secukupnya. Aduk hingga merata lalu diamkan hingga mengendap, lalu minum ketika masih hangat untuk meredakan batuk kering anda.

Daun kemangi untuk obat batuk kering tradisional
Tanaman daun kemangi yang sering dijadikan sebagai lalapn ini juga mampu meredakan batuk kering yang menyiksa. Cukup rebus daun kemangi kedalam air mendidih lalu angkat dan diamkan. Obat batuk kering dengan daun kemangi ini sebaiknya diminum ketika masih hangat.

Seledri dan madu untuk batuk kering
Memanfaatkan tanaman selain daun kemangi kita juga dapat memanfaatkan seledri yang dicampurkan dengan beberapa tetes madu untuk meredakan batuk kering. Bersihkan daun seledri dari kotoran, lalu potong daun seledri tersebut kemudian rebus. Minum rebusan daun seledri ketika masih hangat, sebelum diminum anda dapat menambahkan madu pada rebusan daun seledri.

Memanfaatkan bahan alami sebagai obat batuk tradisional ini tentunya tidak anda salahnya jika anda lakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengobati batuk anda secara alami. Hindari hal-hal yang dapat memperparah batuk anda seperti polusi, asap maupun debu. Dengan terhirupnya bahan-bahan tersebut ketika saluran pernapasan kita terganggu tentunya batuk akan lebih sulit untuk reda.